
1. PENGERTIAN SINGKAT PROCESSOR.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. selanjutnya kamu bisa mendalami dan belajar lagi apa itu processor karena pengertianya bisa sangat panjang, detail, rumit, up to date dan selalu mengacu pada perkembangan teknologi.
Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
* Aritcmatics Logical Unit (ALU)
* Control Unit (CU)
* Memory Unit (MU)
2. ANALISA PROCESSOR (Dual Core, Core2Duo, Quad Core, Xeon)
Dual Core
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. selanjutnya kamu bisa mendalami dan belajar lagi apa itu processor karena pengertianya bisa sangat panjang, detail, rumit, up to date dan selalu mengacu pada perkembangan teknologi.
Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
* Aritcmatics Logical Unit (ALU)
* Control Unit (CU)
* Memory Unit (MU)
2. ANALISA PROCESSOR (Dual Core, Core2Duo, Quad Core, Xeon)
Dual Core
- Dual core merupakan "Nama Teknologi Processor" ber-arsitektur dua inti bisa dari vendor Intel atau AMD (dual core merupakan nama sebuah teknologi bukan nama produk) macam-macam product processor ber-arsitektur dual core yaitu :Produk lntel : Intel Pentium D, Intel Core Duo, Intel Core2 Duo.Produk AMD : AMD Athlon, AMD Turion, AMD Phenom.
Cara kerja Dual Core:
- Mengenai cara kerja processor dual core memang logikanya dua kali kecepatan prosessor single core tapi pada prakteknya "tidak begitu benar". Pada processor dual core, tiap core sebenarnya saling terintegrasi namun masing-masing core punya L2 chace tersendiri sehingga pada saat pemakaian normal, processor hanya memakai satu inti dan bekerja menyesuaikan tuntutan applikasi dan proses yang dikerjakan, sehingga salah satu core berada pada posisi idle (tak tersentuh alias standby).
- Kemudian ketika core tersebut telah mencapai batas maksimal kinerja dan terasa berat maka pemrosesan akan dialokasikan ke core satunya, sehingga kinerja processor bisa lebih ringan berkat perataan alokasi kerja tadi. Dua inti tersebut menciptakan keseimbangan dan efisiensi yang tidak dimiliki oleh processor single core. Logikanya jika beban angkut ringan maka laju kinerja bisa lebih cepat.
- Kesimpulan : Processor dual core bukan mempercepat laju jantung CPU melainkan menyeimbangkan kinerja, khususnya ketika system melakukan proses multi tasking sehingga proses kerja lebih efisien.
pentium IV = 1 processor
dual core = 2 processor dalam 1 inti
core 2 duo = 2 processor
Dual core bukan berarti kecepatannya dikali 2 tapi kecepatan processor yang dapat berjalan bersama-sama jadi lebih kerasa kalo ngejalanin program secara bersama-sama. ato buat ngejalanin program yang udah ngedukung arsitektur dual core.
Core 2 Duo
Core2 Duo : Merupakan product dual core (teknologi processor dua inti) dari pabrikan intel. Jadi jelas, dual core dan Intel core2 duo tidak bisa dibedakan. Dual core merupakan teknologi yang "diterapkan" pada product processor Intel Core2 Duo.
Mungkin saya bisa menyimpulkan, bahwa yang kamu tanyakan adalah "apa bedanya Intel Pentium dual Core dengan Intel Core2 Duo" kalau begitu (jelas bisa dibandingkan): >> Begini : Intel Pentium dual core dan Intel Core2 Duo pada dasarnya sama-sama menggunakan arsitektur dual core namun yang membedakan adalah spesifikasi yang ditawarkan (intel pentium dual core mempunyai spec yang lebih rendah dibanding intel core2 duo terlebih pada segi FSB dan L2 Chace). Harga Intel Pentium dual core juga lebih murah daripada intel Core2 Duo terlebih karena acuanya pada product notebook. Intel Core2 Duo jelas lebih menawarkan performa yang lebih bagus dan mantap dibandingkan Intel Pentium dual core.
Pentium dual core sengaja dibuat intel untuk mengisi pangsa pasar midle-end. Sedangkan Intel Core2 Duo dibuat untuk mengisi pangsa pasar notebook high-end dan pada pada type tertentu Intel Core2 Duo sudah masuk pada paket komponen Intel Centrino yang terdiri dari 1. Prosesor >> Intel Core Duo 2. Chipset. >> Intel Mobile Express)3. Kartu jaringan nirkabel (Intel PRO/Wireless network adapter).
Quad Core
Quad Core:Quad Core juga merupakan sebuah teknologi prosesor, bila prosesor dual core diibaratkan memiliki 2 otak, maka prosesor quad core memiliki 4 otak sekaligus.
Processor ini ditujukan untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power ( TDP )
Teknologi Quad Core menghasilkan:
-intel=Quad Core,Core 2 Quad(gabungan dari core 2 duo)
-amd= Amd Phenom x4
Xeon
Berdasarkan konfigurasinya, pada dasarnya terdapat dua jenis prosesor Intel Xeon, yaitu Intel Xeon DP dan Intel Xeon MPIntel Xeon DP adalah prosesor Intel Xeon yang dapat dikonfigurasikan agar mampu beroperasi pada modus maksimum dua prosesor. DP adalah kependekan dari Dual Processor.
Sedangkan Intel Xeon MP adalah prosesor yang dapat dikonfigurasikan agar mampu beroperasi pada modus banyak prosesor, biasanya empat prosesor atau lebih. Komputer server yang menggunakan prosesor Intel Xeon MP ini biasanya menggunakan jenis konfigurasi memori Non-Unoform Memory Access (NUMA).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar