Jumat, 27 Maret 2020

PDF ke XPS

CARA MERUBAH FILE TYPE PDF KE XPS

Berawal dari telpon teman2 group IGRA tadi pagi yang bertanya tentang masalah gimana caranya merubah file simpanan yang sudah terlanjur di simpan ke tipe PDF terus maunya di rubah ke file tipe XPS !? gimana caranya yooooo?

Pertama Saya kepikir cari di internet, saya coba tak cari2 di Ohm andalan saya yang cerdas dan serba bisa menurutku sih jika q punya masalah (pokoknya dia itu Smart lah), hehehe siapa yaaaa? Ya Yooo Ohm Google lah!!!! Siapa lagi mah…

Setelah lama cari-cari kesana kesini kesono kemari ndak ketemu-ketemu, Cuma yang tampil dalam kata pencariannya merubah dari XPS ke PDF tok, yooo capek juga akhirnya ni tangan goyang sana goyang sini gak nemu solusi. Jadinya aku putuskan tuk menyerah lah! Cuma masi terngiyang2 di benakku tuh, apa iya bener2 ndak bisa? Kalo merubah dari XPS ke PDF bisa kurasa sebaliknya menurut ku pasti bisa deh, akhirnya kepikiran cari solusi sendiri dengan coba utak atik sendiri di my computer gimana caranya tu persoalan bisa kelar! Setelah agak lama mikir sambil obok-obok ni computer Alhamdulillah akhirnya ternyata bisa juga broo… itupun caranya yah lumayan gampang lah hihihi! Pengin tahu caranya coba simak nih dibawah ni :

  1. Pertama cari dulu file PDF yang akan dirubah menjadi file tipe XPS itu tersimpan
  2. Setelah ketemu silahkan klik kanan di file tersebut ( akan muncul kotak menu ) seperti terlihat pada gambar berikut : 
  3. Geser mouse sorot dan pilih menu Open with trus sorot pilih lagi Google Chrome seperti terlihat di bawah :
  4. Maka akan nampak terlihat seperti gambar berikut :
  5. Jika sudah, klik tombol atau icon gambar kecil untuk mencetak ( berupa gambar printer ) seperti pada gambar yg di lingkari di atas. Mungkin setiap computer tampilannya berbeda tinggal cari-cari sendiri di kompinya. Atau lebih mudahnya tinggal pake tombol kombinasi di keyboard klik tombol CTRL + P maka akan tampil menu untuk print/mencetak :
  6. Pastikan di pilihan Destination terpilih Microsoft XPS Document untuk jenis penyimpanan filenya.
  7. Kalo sudah pasti, terakhir barulah klik tombol Print, akan tampil kotak box untuk menyimpan file seperti terlihat di gambar ini :
  8. Pada File name berilah nama file sesuai keinginan mu dan pastikan pada Save as type pilih lah jenis XPS Document (*.xps). kalo sudah barulah klik tombol Save yang ada di bawah box.. jadi deh tinggal lihat hasilx di mana file tadi tersimpan kebetulan kalo yang saya coba tersimpan di Document tuh…. Selesai deh bro XPSx…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar